MARDHOTILLAH, BAIQ (2019) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SEKOLAH DASAR KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MASBAGIK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI BAIQ MARDHOTILLAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan motivasi belajar, peneliti menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 4 Masbagik Selatan. Hasil penelitian tindakan kelas ini, menunjukkan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I dengan nilai ketuntasan belajar 65% menjadi 85% pada siklus II. Dan dapat juga dilihat dari hasil angket yang diberikan oleh guru yang dijawab siswa, yaitu angket motivasi belajar siswa, pada angket motivasi belajar siswa dari siklus 1 jumlah skor yang diperoleh oleh siswa pada siklus I sebesar 95% yang dimana sebagian besar siswa mendapat kategori “Baik” dan pada kategori “Cukup” siswa memperoleh skor sebesar 5%, sedangkan pada siklus II jumlah skor yang diperoleh oleh siswa sebesar 30% dan siswa termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, dan jumlah persentase siswa yang mendapat kategori “Baik” sebesar 70%. Demikian juga dengan rata-rata skor dari observasi kegiatan belajar siswa pada setiap siklus, untuk siklus I dari 3,45 menjadi 8,48 pada sikulus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 4 Masbagik Selatan dengan materi pemerintahan desa telah berhasil meningkatkan motivasi belajar. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran, Contextual Teaching And Learning (CTL)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 07:13 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 07:13 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3538 |
Actions (login required)
View Item |