UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SEKOLAH DASAR KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MASBAGIK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MARDHOTILLAH, BAIQ (2019) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SEKOLAH DASAR KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MASBAGIK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ MARDHOTILLAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan motivasi belajar, peneliti menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 4 Masbagik Selatan. Hasil penelitian tindakan kelas ini, menunjukkan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I dengan nilai ketuntasan belajar 65% menjadi 85% pada siklus II. Dan dapat juga dilihat dari hasil angket yang diberikan oleh guru yang dijawab siswa, yaitu angket motivasi belajar siswa, pada angket motivasi belajar siswa dari siklus 1 jumlah skor yang diperoleh oleh siswa pada siklus I sebesar 95% yang dimana sebagian besar siswa mendapat kategori “Baik” dan pada kategori “Cukup” siswa memperoleh skor sebesar 5%, sedangkan pada siklus II jumlah skor yang diperoleh oleh siswa sebesar 30% dan siswa termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, dan jumlah persentase siswa yang mendapat kategori “Baik” sebesar 70%. Demikian juga dengan rata-rata skor dari observasi kegiatan belajar siswa pada setiap siklus, untuk siklus I dari 3,45 menjadi 8,48 pada sikulus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 4 Masbagik Selatan dengan materi pemerintahan desa telah berhasil meningkatkan motivasi belajar. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran, Contextual Teaching And Learning (CTL)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:13
Last Modified: 06 Jan 2021 07:13
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3538

Actions (login required)

View Item View Item