PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA EDUCATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS III SDN 05 MASBAGIK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

LESTARI, BQ. WIWIN AYUDIA (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA EDUCATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS III SDN 05 MASBAGIK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI BQ. WIWIN AYUDIA LESTARI_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan buku bahan ajar berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran matematika kelas III SDN 5 Masbagik Selatan. 2) mengetahui kelayakan produk bahan ajar (buku matematika) materi bangun datar sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan plomp yang menjadi 5 tahap yaitu(1) Tahap investigasi awal berdasarkan pra peneliti yang dilakukan, yang sesuai untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran dalam materi bangun datar sederhana adalah bahan ajar berbasis kearifan lokal (buku matematika). (2) Tahap desain pada tahap ini peneliti mulai mendesain bahan ajar dengan membuat rancangan tentang bentuk bahan ajar yang akan dikembangkan (3)Tahap realisasi konstruksi setelah itu peneliti mulai membuat bahan ajar namun terlebih dahulu peneliti mengumpulkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat buku bahan ajar mulai dari menentukan isi materi, dan gambar-gambar hasil budaya yang dipadukan atau disesuaikan dengan contoh materi bangun datar sederhana. (4)Tahap evaluasi, dan revisi Pada tahap ini validasi dilakukan oleh dua ahli yaitu validasi ahli tampilan dan validasi ahli materi. Hasil validasi tampilan dengan rentang < X 8 nilai kategori (baik), dan hasil validasi materi dengan rentang 58< X 71(baik ). (5) Tahap implementasi hasil uji coba produk terhadap siswa kelas III SDN 5 Masbagik Selatan yang terdiri dari 27 orang siswa, setelah divalidasi antara lain: respon siswa mengalami peningkatan dengan persentase kategori penelitian 21 siswa yaitu 8 memberikan respon sangat setuju, dan 6 siswa 22 siswa memberikan respon setuju. Sehingga dengan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Educatif Berbasis Kearifan Lokal Dan Pembelajaran Plomp

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:58
Last Modified: 07 Jan 2021 02:58
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3542

Actions (login required)

View Item View Item