PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 3 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SUKMAYANTI, DINI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN 3 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Sakra Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran Tari Bambu Terhadap Keterampilan Berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 03 Sakra. Metode Pembelajaran Tari Bambu merupakan metode pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan penelitian quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Sakra yang berjumlah 41 siswa dimana kelas Va 21 dan kelas Vb 20, sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh karena pengambilan sampel diambil dari semua populasi. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan lembar observasi dan tes berbicara. Adapun hasil dari observasi pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu (81,4% > 74,7%) Uji prasyarat analisis menggunkan uji normalitas dan homogenitas. Untuk uji normalitas menggunkan chi-kuadrat dan untuk uji homogenitas menggunakan uji-F. Adapun uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t yaitu polled varians dengan taraf signifikan 5% . Berdasarkan hasil perhitungan untuk uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (2,436 > 2,032), sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ha di terima dan Ho ditolak. Jadi keterampilan berbicara siswa yang diajarkan menggunakan metode Tari Bambu lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran tari bambu terhadap keterampilan berbiara siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 03 Sakra Tahun pembelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Metode pembelajaran Tari Bambu dan Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:32
Last Modified: 07 Jan 2021 06:32
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item