WARDINI, EKA MULIA (2019) PENGARUH MUSIK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 3 LOYOK TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI EKA MULIA WARDINI (15110251).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VI SDN 3 Loyok tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eskperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 3 Loyok tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 28 orang, adapun sampelnya adalah seluruh populasi tersebut. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kosentrasi belajar adalah angket konsentrasi belajar, sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diuraikan bahwa pada uji hipotesis konsentrasi belajar didapatkan thitung 2,41 dan ttabel 1,70 yang artinya thitung > ttabel, sedangkan hasil analisis dari hasil belajar siswa yakni thitung sebesar 2,40 dengan ttabel 1,70. Maka dapat disimpulkan jika thitung > ttabel yang artinya adanya pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa pada pemebelajaran matematika kelas IV SDN 3 Loyok tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: Musik, Konsentrasi belajar, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 07:18 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 07:18 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3569 |
Actions (login required)
View Item |