PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYIN BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KARAKTER RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MI NW 02 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

HIZBI, EMI MARSOENY (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYIN BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KARAKTER RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV MI NW 02 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan media video pembelajaran terhadap rasa percaya diri siswa pada mata pelajaran PKN Kelas IV MI NW 02 Pancor tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest-Posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yang dimana sampelnya itu semua siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket percaya diri siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas menggunakan chi kuadrat dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas pre-test berdistribusi normal (χ2hitung = 8,26 dan χ2tabel = 11,7) , kelompok post-test berdistribusi normal (χ2hitung = 10,03 dan χ2tabel = 11,7 ). (2)Uji hipotesis diperoleh hasil t-hitung7,78 dan t-tabel 2,01. Artinya t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut juga ditunjukkan dari perbedaan nilai rata-rata hasil pre-test dan post-test yaitu kelompok pre-test sebesar 59,72 dan kelompok post-test sebesar 84,28. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berbantuan media video mempunyai pengaruh terhadap karakter rasa percaya diri siswa kelas IV MI NW 2 Pancor tahun pelajaran 2019/2020. KataKunci: Pengaruh Model Role Playing, Media Video, Karakter Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:46
Last Modified: 07 Jan 2021 07:46
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3575

Actions (login required)

View Item View Item