HIDAYAH, EMI RABIATUL (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KATA (SCRUBBLE) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA KELAS III SDN 6 JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran papan kata (Scrubble) terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas III SDN 6 Jerowaru Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan desain pre-exsperimen design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Pada desain ini menggunakan desain pretest sebelum menggunakan media papan kata (scrubble) dan posttest setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media papan kata (scrubble). Sabyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 27 peserta didik yang terdiri dari 19 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pernyataan. Data analisis untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Kemudian dari pengujian hipotesis dengan uji-t didapat hasil perhitungan t-hitung ˃ t-tabel (9,48 ˃ 1,67). Sehingga HO ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh dari penggunaan media papan kata (scrubble) terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas III SDN 6 Jerowaru tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Media papan kata (scrubble), keterampilan membaca
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 07:49 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 07:49 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3577 |
Actions (login required)
View Item |