PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KATA (SCRUBBLE) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA KELAS III SDN 6 JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

HIDAYAH, EMI RABIATUL (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KATA (SCRUBBLE) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA KELAS III SDN 6 JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran papan kata (Scrubble) terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas III SDN 6 Jerowaru Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, dengan desain pre-exsperimen design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Pada desain ini menggunakan desain pretest sebelum menggunakan media papan kata (scrubble) dan posttest setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media papan kata (scrubble). Sabyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 27 peserta didik yang terdiri dari 19 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pernyataan. Data analisis untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Kemudian dari pengujian hipotesis dengan uji-t didapat hasil perhitungan t-hitung ˃ t-tabel (9,48 ˃ 1,67). Sehingga HO ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh dari penggunaan media papan kata (scrubble) terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas III SDN 6 Jerowaru tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Media papan kata (scrubble), keterampilan membaca

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:49
Last Modified: 07 Jan 2021 07:49
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3577

Actions (login required)

View Item View Item