ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

HAPSARI, ERIKA (2019) ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar negeri di wilayah Kecamatan Selong. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh SD negeri di wilayah Kecamatan Selong. Sampel penelitian ini berjumlah 11 sekolah di Kecamatan Selong yang terdiri dari 11 Kepala Sekolah, 11 guru kelas II dan 11 guru Kelas IV, serta 261 siswa kelas II sebagi perwakilan kelas rendah dan 279 siswa kelas IV sebagai perwakilan kelas tinggi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa yang termuat dalam kurikulum 2013 belum terlaksana dengan baik, itu di buktikan dari hasil perhitungan kuesioner data kepala sekolah persentasenya “50%”, data guru persentase “43%”, dan data siswa persentase “50%”, hasil ketiga data tersebut adalah dikategorikan “Sedang”. Jadi hasilnya menyatakan bahwah pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah dasar Se-Kecamatan Selong kurang maksimal. Kata kunci: pelaksanaan kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 07 Jan 2021 08:21
Last Modified: 07 Jan 2021 08:21
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3579

Actions (login required)

View Item View Item