HAPSARI, ERIKA (2019) ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar negeri di wilayah Kecamatan Selong. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh SD negeri di wilayah Kecamatan Selong. Sampel penelitian ini berjumlah 11 sekolah di Kecamatan Selong yang terdiri dari 11 Kepala Sekolah, 11 guru kelas II dan 11 guru Kelas IV, serta 261 siswa kelas II sebagi perwakilan kelas rendah dan 279 siswa kelas IV sebagai perwakilan kelas tinggi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa yang termuat dalam kurikulum 2013 belum terlaksana dengan baik, itu di buktikan dari hasil perhitungan kuesioner data kepala sekolah persentasenya “50%”, data guru persentase “43%”, dan data siswa persentase “50%”, hasil ketiga data tersebut adalah dikategorikan “Sedang”. Jadi hasilnya menyatakan bahwah pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah dasar Se-Kecamatan Selong kurang maksimal. Kata kunci: pelaksanaan kurikulum 2013
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 08:21 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 08:21 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3579 |
Actions (login required)
View Item |