PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENSIKLOPEDIA BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 10 POHGADING TAHUN PELAJARAN 2019/2020

YUNIARTI, EVA (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENSIKLOPEDIA BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 10 POHGADING TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
S K R I P S I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar ensiklopedia berbasis mind mapping yang dapat membantu dan mempermudah proses pembelajaran. Model Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) dengan mengadopsi model pengembangan 4 D yaitu: 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), 3) Develoment (Pengembangan), 4) Dissemination (Penyebarluasan). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi tim ahli yang berbentuk angket berupa ratting scale skala lima. Berdasarkan hasil validasi diperoleh, hasil validasi ahli desain dengan nilai 40.8 < X ≤ 50.4 kategori “Baik”, dan hasil validasi ahli materi dengan nilai 40.8 < X ≤ 50.4 kategori “Baik”. Adapun hasil uji coba produk terhadap respon peseta didik kelas IV SDN 10 Pohgading menggunakan angket respon pada uji coba skala kecil yang terdiri dari 9 pernyataan dengan 7 orang responden dengan nilai 96.8 % kategori “Sangat Baik” dan hasil pada uji coba skala besar yang terdiri dari 9 pernyataan dengan 10 orang responden dengan nilai 100 % kategori “Sangat Baik”. Adapun hasil penyebarluasan yang dilakukan di SDN 7 Pohgading yang tujuannya untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penyebarluasan produk terhadap respon peseta didik kelas IV SDN 7 Pohgading yang terdiri dari 9 pernyataan dengan 20 orang responden dengan nilai 98 % kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan uraian yang dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar ensiklopedia berbasis mind mapping yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi. Kata Kunci: Bahan Ajar, Ensiklopedia, Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 09 Jan 2021 03:08
Last Modified: 09 Jan 2021 03:08
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item View Item