PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS KOMIKMATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS II SDN 1 KESIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MULYANAH, EVI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS KOMIKMATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS II SDN 1 KESIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI EVI MULYANAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa poster berbasis komik yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas II sekolah dasar, dengan jumlah 23 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dengan tujuh tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji validasi, revisi produk, uji coba lapangan dan merevisi hasil uji coba. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk poster berbasis komik matematika, layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli mediadiketahui bahwa produk poster berbasis komik dikategorikan “baik” dengan perolehan skor 39 dan skor rata-rata 3,9 sedangkan ahli materi mendapat kategori “baik” dengan perolehan skor 35 dan skor rata-rata 3,5. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap poster berbasis komik matematika sangat tinggi yaitu dengan ratarata persentase komponen 86,9% yang merespon sangat baik. Kemudian berdasarkan data hasil belajar, secara klasikal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 86,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,9%. Sehingga kesimpulannya menunjukkan bahwa media poster berbasis komik matematika layak untuk diterapkan. Kata Kunci: Pengembangan, poster, komik dan Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 09 Jan 2021 03:20
Last Modified: 09 Jan 2021 03:20
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3585

Actions (login required)

View Item View Item