PERANAN PENGGUNAAN MEDIA BLOK PECAHAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 5 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ANWAR, FAIZI (2019) PERANAN PENGGUNAAN MEDIA BLOK PECAHAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 5 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI FAIZI ANWAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : untuk mengetahui penggunaan Media “Blok Pecahan” dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Sakra Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refelksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V semester 1 SDN 5 Sakra tahun pembelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah selurus siswa kelas V SDN 5 Sakra dengan jumlah 34 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan (1) tes prestasi belajar dengan jumlah soal 15 butir denga rincian 10 butir pilihan ganda dan 5 butir isian, (2) lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian adalah Terdapat peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penggunaan media blok pecahan pada pmbelajaran matematika kelas V SDN 5 Sakra Tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang dicapai siswa yaitu pada siklus I dengan penggunaan media blok pecahan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dari siklus pertama yaitu 55,8 % secara klasikal menjadi 91,17 % pada siklus kedua. Dan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus pertama memperoleh total skor 772 dengan rata rata 22,71 berada pada kategori cukup aktif pada rentang skor 17,5 < A ≤ 23,5 sedangkan pada siklus II total skor yang di dapatkan 877 dengan rata rata 25,79 berada pada kategori aktif pada rentang skor 23,5 < A ≤ 28,5. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan media blok pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 5 Sakra tahun pelajaran 2019/2020/. Kata Kunci : Media pemelajaran “Blok Pecahan”, meningkatka hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 09 Jan 2021 03:42
Last Modified: 09 Jan 2021 03:42
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item View Item