FEBRIANTI, FITRIA (2019) IMPLEMENTASI TEORI VAN HIELE TERINTEGRASI TEORI BRUNER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 RENSING TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI FIX.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi teori Van Hiele terintegrasi teori Bruner terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Rensing Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes essay. Uji prasyarat yang digunakan adalah Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, sedangkan uji F untuk menguji linieritas data. Berdasarkan hasil uji normalitas dan linieritas diperoleh bahwa populasi berditribusi normal dan linier. Berdasarkan hasil penelitian terlihat nilai rata-rata pretest 61,4, sedangkan nilai rata-rata posttest 80,1. Dari hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji t didapatkan hasil yaitu thitung >ttabel yakni 12,21 > 2,02 dengan derajat kebebasan (db) = 42, dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi teori Van Hiele terintegrasi teori Bruner berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV. Kata kunci: Teori Van Hiele, Teori Bruner, Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 09 Jan 2021 03:57 |
Last Modified: | 09 Jan 2021 03:58 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3590 |
Actions (login required)
View Item |