AMINI, HAFIFATUL (2019) PENGEMBANGAN MEDIA TABEL PAKAR POKOK BAHASAN AKAR PANGKAT DUA SISWA KELAS IV SDN 5 SUKADANA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan produk yang berupa tabel pakar pokok bahasan akar pangkat dua kelas IV SD/MI tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg & Gall yang terdiri 10 tahapan disederhanakan menjadi 7 tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, produk awal, uji coba awal, revisi produk awal, uji coba lapangan, revisi akhir. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk tabel pakar layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli diketahui bahwa tabel pakar dikategorikan “baik” dengan kriteria sebagai berikut dari segi ahli materi menghasilkan jumlah nilai keseluruhan 81 dengan rata-rata 4,05 terletak pada interval (3,40 < X ≤ 4,20). Dan dari segi ahli media juga dalam kategori “baik” menghasilkan jumlah nilai keseluruhan 68 dengan rata-rata 3,4 terletak pada interval (3,40 < X ≤ 4,20). Berdasarkan hasil uji coba lapangan diperoleh data dengan tingkat presentase ketuntasan mencapai 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media tabel pakar memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif yang telah dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan. Kata Kunci: Pengembangan Borg & Gall, media tabel pakar, akar pangkat dua
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 09 Jan 2021 06:47 |
Last Modified: | 09 Jan 2021 06:47 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3593 |
Actions (login required)
View Item |