ARSIWANGI, HENI (2019) ANALISIS PERMAINAN TRADISIONAL MAIN CONGKLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 7 LENDANG NANGKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI HENI ARSIWANGI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional congklak terhadap motivasi belajar siswa SDN 7 Lendang Nangka Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan angket, serta analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan chi-kuadrat, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh hasil perhitungan bahwa thitung 41,36 ≥ ttabel 11,0, hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan tradisional congklak terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN 7 Lendang Nangka dan tingkat korelasinya termasuk dalam kategori kuat serta tingkat pengaruhnya sebesar 63,4% dan selebihnya 36,6%. Dengan demikian, hipotesis (Ha) yang diteliti terbukti dan diterima. Kata Kunci : Permainan Tradisional Congklak, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 09 Jan 2021 08:15 |
Last Modified: | 09 Jan 2021 08:15 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3605 |
Actions (login required)
View Item |