WIDIASTUTI, HERLI (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ASPEK MEMBACA INTENSIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN 1 MASBAGIK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
skripsi_compressed_2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan saintifik pada aspek membaca intensif terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN 1 Masbagik Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design, dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1 Masbagik Timur sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 2 Masbagik Timur sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar membaca intensif dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dari pada hasil belajar membaca intensif dengan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung (2,84) > t-tabel (1,68). Nilai t-hitung > t-tabel menunjukkan bahwa hasil belajar membaca intensif kedua kelompok berbeda secara signifikan. Berdasarkan nilai t-hitung tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada aspek membaca intensif memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN 1 Masbagik Timur. Kata kunci: pendekatan saintifik, membaca intensif, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 02:57 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 02:57 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3608 |
Actions (login required)
View Item |