PENGEMBANGAN MEDIA BERBENTUK TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SUSUNAN TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SDN 3 SEKARTEJA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AGUSTIADI, HERMAN (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BERBENTUK TIGA DIMENSI DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SUSUNAN TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SDN 3 SEKARTEJA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbentuk tiga dimensi dalam pembelajaran IPA pada materi susunan tata surya pada siswa kelas VI SDN 3 Sekarteja . Adapun jenis penelitian yang digunkan dalam peneltian ini adalah model pengembangan dari Thiagarajan model Four D, yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develope). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 3 Sekarteja sebanyak 26 orang. Penilaian produk melalui tahap validasi ahli media, ahli praktisi dan uji coba lapangan. . Penilaian produk yang dilakukan tim ahli media sebesar 66 dan berada pada rentangan 61,2 <X ≤ 75,6 dengan kategori baik, selain itu pada penilaian tim ahli praktisi pada media yang dikembangkan sebesar 37 dan berada pada rentangan 34,002 < X ≤ 42,006 dengan kategori baik.Data hasil tes belajar siswa didapatkan nialai rata-rata hasil belajar sebesar 77,16 siswa dari 26 siswa dengan ketuntasan klasikal 90%. Selain itu, siswa merespon dengan baik media tiga dimensi yang dikembangkan dilihat dari angket respon siswa yang sebagian besar siswa merespon dengan baik. Kata Kunci:Pengembangan media tiga dimensi, pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:02
Last Modified: 11 Jan 2021 03:02
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item