ARDIAS, IJUN (2019) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA LUBANG BAMBU HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN KELAS II SDN 1 PAOK MOTONG. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat peraga pembelajaran alat peraga lubang bambu hitung pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas II SD/MI, dengan jumlah sampel keseluruhan 24 siswa. Metode yang digunakan Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi empat tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi dan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan produk alat peraga lubang bambu hitung layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi ahli media mendapat kategorikan “Baik” dan ahli materi mendapatkan kategori “Baik”. Kriteria tersebut dilihat dari perolehan skor 38 dan skor rata-rata 3,4, dari ahli materi mendapat kategori “Baik” dengan perolehan skor 43, skor rata-rata 3,9. Respon siswa dari setiap komponen tidak ada yang merespon sangat kurang, kurang dan cukup, yang merespon baik 3 siswa (12,5%), dan yang merespon sangat baik 12 siswa (87,5%). Hasil tes evaluasi, diperoleh 20 (83,3%) siswa diatas KKM (68), 2 (16,7) siswa tidak tuntas, secara klasikal nilai rata-rata yang diperoleh 77,9. kesimpulanya menunjukkan bahwa alat peraga lubang bambu hitung layak digunakan pada siswa kelas II SDN 1 Paok Motong. Kata Kunci : Pengembangan, Alat Peraga, Lubang Bambu Hitung
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 03:57 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 03:57 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3619 |
Actions (login required)
View Item |