ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI PERBANDINGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI NW DAMES KECAMATAN SURALAGA TAHUN 2019/2020

HAFIZ, IKHTIARINI (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI PERBANDINGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI NW DAMES KECAMATAN SURALAGA TAHUN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Dalam keadaan dimana anak didik atau siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, itulah yang disebut dengan kesulitan belajar. Kesulitan belajar anak merupakan masalah yang harus ditanggulangi sejak dini karena mempengaruhi anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari materi perbandingan, (2) mengetahui faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar yang di alami siswa (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar yang di alami siswa dalam mempelajari materi perbandingan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan subjek 25 siswa dan guru kelas V di MI NW Dames Kecamatan Suralaga. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu, (1) jenis kesulitan yang dialami siswa berupa kesulitan memahami konsep dan kesulitan berhitung, (2) faktor penyebab kesulitan siswa yaitu faktor internal meliputi sikap belajar siswa, motivasi, kesehatan tubuh siswa. Faktor eksternal yaitu kurangnya variasi guru dalam mengajar. (3) adapun upaya untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu dengan cara memperbanyak latihan, mengikuti les diluar jam pelajaran. Adapun disarankan kepada guru agar mengajarkan siswa sesuai dengan teori belajar matematika serta lebih memperhatikan lagi siswa yang mengalami kesulitan belajar materi perbandingan. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Materi Perbandi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 11 Jan 2021 06:48
Last Modified: 11 Jan 2021 06:48
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item