PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK TARUNA BANGSA SAKRA BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ROSIDI RAHMAN, M (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK TARUNA BANGSA SAKRA BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

M. ROSIDI RAHMAN, NPM. 13360175; 2017; “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Smk Taruna Bangsa Sakra Barat Tahun Pelajaran 2016/2017” Skripsi Jurusan Pendidikan Ips; Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran dan pendesainan konten media pembelajaran e-learning yang mudah dipahami untuk peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan pada materi membangun visi dan misi usaha serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis e-learning yang dikembangkan sudah layak untuk digunakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP di SMK Taruna Bangsa Sakra Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah sebayak 5 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah data dalam penelitian pengembangan ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Ada paun instrumen pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah lembar evaluasi untuk menilai multimedia pembelajaran dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan pada responden. Data yang diperoleh dari kuesioner akan dianalisis dengan teknik persentase yang kemudian dideskripsikan, sedangkan data yang diperoleh dari hasil observasi dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan pada hasil penilaian pada uji lapangan pada aspek materi mendapatkan penilaian 82,60, aspek pembelajaran mendapatkan penilaian 85,17 dan pada aspek tampilan mendapat penilaian 87,73, rerata dari ketiga aspek tersebut mendapatkan penilaian 85,17 dengan kriteria layak. Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 12 Jan 2021 02:54
Last Modified: 12 Jan 2021 02:54
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3640

Actions (login required)

View Item View Item