IMPLEMENTASI METODE GASING (GAMPANG ASYIK dan MENYENANGKAN) TERHADAP PENANAMAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN KPK KELAS IV SDN 5 BAGIK PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

JISMILLATIF, JISMILLATIF (2019) IMPLEMENTASI METODE GASING (GAMPANG ASYIK dan MENYENANGKAN) TERHADAP PENANAMAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN KPK KELAS IV SDN 5 BAGIK PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI JISMILLATIF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, permasalahan yang sering muncul adalah pemahaman materi yang diajarkan sehingga hasil belajar yang didapat kurang sesuai dengan yang diharapkan. Pada penelitian ini peneliti mengimplementasikan metode gasing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi metode gasing dan penanaman karakter terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan KPK kelas IV SDN 5 Bagik Payung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian ekseperimen, yang didesain sesuai dengan desain penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 5 Bagik Payung tahun peajaran 2016/2017. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka peneliti mengambil semuanya sebagai sampel. Sampel tersebut terdiri dari kelas IV A dan IV B. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai tertinggi pada kelompok eksperimen adalah 100 dan nilai terendah adalah 50 sementara nilai tertinggi pada kelompok kontrol adalah 90 dan nilai terendah adalah 40 nilai ratarata kelompok eksperimen adalah 73,75 dan 63,75 untuk kelompok kontrol. Berdasarkan hasil hipotesis dengan menggunakan Anava satu jalur (one way anava) didapatkan nilai Fempirik (F hitung ) sebesar 9,453 dan Fteoritik (F tabel) sebesar 3,30 yang dipeproleh dari dba = 2 dan dbd = 45 dengan taraf signifikansi 5%. Oleh karena Fempirik lebih besar dari Fteoritik (9,453 > 3,30) maka hipotesis diterima artinya implementasi metode gasing dapat mempengaruhi penanaman karakter kerjasama dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan KPK kelas IV SDN 5 Bagik Payung tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Metode Gasing (Gampang, Asyik dan Menyenangkan), Penanaman Karakter dan Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:33
Last Modified: 12 Jan 2021 03:33
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3648

Actions (login required)

View Item View Item