TINGKAT KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS V SDN 2 JANAPRIA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KURNIAWAN, KRISNA REZA (2019) TINGKAT KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS V SDN 2 JANAPRIA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 2 Janapria tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest and posttest yang dimasukan kedalam kategori pre eksperimental desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester ganjil SDN 2 Janapria yang terdiri dari 20 siswa. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan dalam menyimak siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi dengan bantuan tabel distribusi frekuensi. Uji hipotesis peneliti menggunakan kriteria pengelompokan siswa dengan perhitungan presentase untuk sekala empat. Berdasarkan hasil hasil analisis dan uji hipotesis diperoleh nilai rata-rata untuk pretest 62,7 dengan presentase 25% dan rata-rata untuk posttes dengan menggunkan metode bercerita yaitu 76,3 dengan persentase 70%. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima adalah keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 2 Janapria Tahu Pelajaran 2019/2020 berada pada kategori cukup atau sedang dengan presentase 70% sesuai dengan kriteria penghitugan 56-74. Kata kunci: Keterampilan Menyimak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 12 Jan 2021 06:27
Last Modified: 12 Jan 2021 06:27
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3653

Actions (login required)

View Item View Item