PENGEMBANGAN BOARD GAME ULAR TANGGA PADA MATERI KOSA KATA BAKU DAN TIDAK BAKU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI NW No 4 PANCOR

HARIANI, LALE ASWINDA (2019) PENGEMBANGAN BOARD GAME ULAR TANGGA PADA MATERI KOSA KATA BAKU DAN TIDAK BAKU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI NW No 4 PANCOR. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran yang layak dan efesien untuk digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kosa kata baku dan tidak baku yang diterapkan di kelas V MI NW No 4 Pancor. Media pembelajaran Board Game ular tangga merupakan media yang dipilih untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran karena jika hanya dengan menggunakan buku paket mata pembelajaran dirasakan kurang bervariasi dan kurang inovatif sehingga materi yang disampaikan kurang bisa diterima oleh siswa. Pengembangan media Board Game ular tangga dilakukan dengan menggunakan model pengembangan R&D Borg and Gall dalam Sugiyono (2017:409). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,07 dengan katagori “Baik” dan ahli media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,2 dengan katagori “Baik”. Sedangkan hasil validasi yang diperoleh dari angket respon siswa mendapatkan nilai 180 dengan persentse keseluruhan 75% dengan katagori “Baik” dan hasil validasi lembar observasi siswa mendapatkan nilai ratarata 1 dengan persentase sebesar 80%. Berdasarkan hasil analisis data validasi dan observasi, maka dapat disimpulkan bahwa media Board Game ular tangga mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kosa kata baku dan tidak baku, layak dan efektif bagi siswa kelas V MI NW No 4 Pancor. Kata Kunci : Pengembanngan, Media Board Game Ular Tangga, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:39
Last Modified: 12 Jan 2021 07:39
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item View Item