PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

TOYYIBAH, HARISATUN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI HARISATUN _.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

Harisatun Toyyibah.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Terhadap Penguasaan Konsep Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Hamzanwadi. Pembimbing : (1) Zalia Muspita, M.Pd and (2) Dr. Muhammad Ali, M.Si Kata Kunci :Role Playing, Aktivitas dan Pemahaman Konsep Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Role Playing terhadap aktivitas dan pemahaman konsep pelajaran Ekonomi. Adapun pernyataan masalah yang dirumuskan. Apakah ada pengaruh model pembelajaran Role Playing disampingkan terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas X SMA NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018? Apakah ada pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018.? Apakah ada pengaruh model pembelajaran Role playing secara bersama terhadap terhadap aktivitas dan pemahan konsep peserta didik Kelas X SMA NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018? Tehnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel biasa dan kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol diambil sebagai sample yang terdiri dari 26 dan 27 siswa. Untuk mengumpulkan data, tes awal diberikan kepada siswa sebelum perlakuan dan tes ahir diberikan setelah perlakuan. Instrumen dari penelitian ini adalah pilihan ganda. Dalam menganalisa data menggunakan SPSS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji homogentitas dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil dari analisis data, rata-rata skor dari tes awal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 50.00 dan ratarata skor dari tes ahir adalah 72.00, hasil tes ahir pada kelas kontrol adalah 50.00 dan rata-rata skor dari tes ahir adalah 72.00 Artinya bahwa rata-rata skor dari tes ahir lebih tinggi dari pada tes awal. Dalam menguji hipotesa, peneliti telah menemukan bahwa t ( df = 25 ) = -5.566, p=<0.001. ini menunjukkan bahwa nilai dari tingkat signifikan (nilai p) adalah jauh dibawah 0.05. Artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata skor dari tes awal dan tes ahir. Ini menunjukkan bahwa, Role Playing signifikan efektif dalam pengajaran Ekonomi untuk siswa kelas X di SMA NW Pancor pada tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 12 Jan 2021 08:39
Last Modified: 12 Jan 2021 08:39
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3666

Actions (login required)

View Item View Item