PENGARUH PENGGUNAAN MODUL STUDENT PLANNER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VI SDN 3 SAMBELIA TAHUN AJARAN 2019/2020

ZULPADLI, LALU (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL STUDENT PLANNER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VI SDN 3 SAMBELIA TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi oke.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul student planner terhadap pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas VI SDN 3 Sambelia tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi (quasi eksperimental) dengan desain penelitian non ekuivalen (nonequivalent control group design). Peneletian ini merupakan penelitian populasi karena semua populasi dijadikan sampel yeitu seluruh siswa kelas VI SDN 3 Sambelia tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 44 siswa dengan ketentuan kelas A 22 siswa sebegai kelas eksperimen dan kelas B 22 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun teknik teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul student planner terhadap karakter tanggung jawab siswa yaitu non tes berupa kuisioner/angket. Setelah penelitian dilakukan data kemudian dianalisis menggunakan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (3,21 > 1,68) yang berati Hoditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan modul student planner terhadap karakter tanggung jawab siswa kelas VI SDN 3 Sambelia tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci : modul student planner, karakter tanggung jawab siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:46
Last Modified: 12 Jan 2021 07:46
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item