PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI 2 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WIRIYADI, LL. ANDI (2019) PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI 2 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh film animasi pada pembelajaran IPS terhadap motivasi siswa kelas V MI 2 Pancor Tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen beralokasi di MI 2 Pancor. Teknik pengumpulan data dengan metode angket. Uji prasyarat dilakukan dengan ui normalitas data. Dianalisa dengan uji t-tes untuk pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap motivasi belajar mata pelajaran IPS Siswa Kelas I MI 2 Pancor tahu pelajaran 2018/2019. Dari hasil ini disimpulkan bahwa (1) motivasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V MI 2 Pancor tahun pelajaran 2018/2019 pada tes pratindakan tergolong tinggi (56%). (2) motivasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V MI 2 Pancor tahun pelajaran 2018/2019 menggunakan media film animasi tergolong tinggi (80%), lebih tinggi dari hasil pratindakan. (3) Hasil analisis data dengan Independet sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,072. Karena nilai thitung sebesar 2,072 > ttabel sebesar 1,669 pada taraf signifikansi 5%, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media film animasi dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V MI 2 Pancor tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Media Film Animasi, Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:58
Last Modified: 12 Jan 2021 07:58
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3671

Actions (login required)

View Item View Item