PEMBELAJARAN PKn BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 4 SEMAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

HADI, M. SAMSUL (2019) PEMBELAJARAN PKn BERBASIS BUDAYA LOKAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 4 SEMAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran PKn Berbasis Budaya Lokal Terhadap Minat Belajar Siswa kelas IV SDN 4 Semaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran PKn berbasis budaya lokal terhadap minat belajar sisiwa kelas IV SDN 4 Semaya , dilihat dari hasil obesrvasi menujukan skor total 28, skor maksimal 30, rata-rata 2,8 dan persentasenya 93,3. Dari hasi kusioner (angket) menunjukan sebanyak 21 respenden memiliki kreteria sangat baik : 10 siwa, yang memiliki kreteria baik : 7 siswa, yang memiliki kereteria kurang baik : 4 siswa, dan yang memiliki kereteria tidak baik : 0 siswa, sehingga dari hasil nilai rata-rata siswa 25,24 berada pada kereteria baik. Dan dilihat dari hasil wawancara bahwa peroleh jawaban yang menujukan bahwa siswa dan siswi kelas 4 SDN 4 semaya dengan pembelajaran PKn berbasi budaya local minat belajar siswa meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh pembelajaran pkn berbasis budaya lokal terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 4 Semaya meningkat. Kata Kunci: kualitatif, budaya lokal, dan minat belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 13 Jan 2021 03:02
Last Modified: 13 Jan 2021 03:02
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item