PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONOMI DENGAN POLA THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SASTRI WAHYUNI, LELY (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONOMI DENGAN POLA THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 AIKMEL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI LELY SASTRI WAHYUNI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lely Sastri wahyuni (2018), Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar ekonomi dengan pola Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Aikmel. Pada penelitian dan pengembangan ini, peneliti memodifikasi dan menyederhanakan model pengembangan Sugiyono (2016:298). Penelitian ini membatasi 10 langkah pengembangan Sugiyono (2016:298) menjadi 9 tahap pengembangan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan hasil validasi terhadap rancangan pengembangan bahan ajar ekonomidengan kriteria nilai minimal C (Cukup). Maka hasil validasi terhadap rancangan pengembangan bahan ajaroleh Ahli Materi Ekonomi dengan nilai rata-rata 3,80 dengan kriteria “baik” (B), Ahli Media bahan ajar memberikan nilai rata-rata 3,46 dengan kriteria “baik” (B), dan Ahli Bahasa memberikan nilai rata-rata 3,92 dengan kriteria “baik” (B), sehingga dapat dinyatakan bahwa rancangan pengembangan Bahan Ajar (Modul) “Layak” untuk dilakukan uji coba. Karena rancangan pengembangan bahan ajar memperoleh nilai rata-rata pada kriteria lebih dari dan atau sama dengan kriteria nilai minimal yang ditetapkan. Selanjutnya, berdasarkan tanggapan/penilaian oleh guru mata pelajaran ekonomi dan siswa SMA Negeri 2 Aikmel terhadap produk bahan ajar (Modul) dengan kriteria nilai minimal C (Cukup). Guru mata pelajaran ekonomi memberikan nilai rata-rata 4,71 dengan kriteria “Ssangat Baik” (A), sedangkan tanggapan/penilaian seluruh siswa setelah menggunakan produk Bahan Ajar memperoleh nilai rata-rata 4,27 dengan kriteria “Sangat Baik” (A). Maka tanggapan/penilaian oleh guru mata pelajaran ekonomi dan siswa SMA Negeri 2 Aikmel dapat dinyatakan bahwa Bahan Ajar “Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Karena produk berupa Modulmemperoleh nilai rata-rata pada kriteria lebih dari kriteria nilai minimal yang ditetapkan. Kata kunci: Pengembangan,Think Pair Share, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 13 Jan 2021 03:07
Last Modified: 13 Jan 2021 03:07
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3689

Actions (login required)

View Item View Item