PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SHOLEHAH, MAR’ATUS (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan pendekatan konstruktivisme terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 1 Wanasaba. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Wanasaba. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Kelas V SDN 1 Wanasaba sebagai kelas eksprimen, sedangkan kelas V SDN 1 Karang Baru sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttestonly control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay. Sebelum data dianalisis, instrument diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian dilakukan analisis hasil posttest kelas eksprimen dan kelas kontrol. Jenis data yang didapatkan yaitu berupa tes hasil keterampilan menulis Cerita Pendek. Hasil tes pada posttest untuk kelas eksprimen mencapai rata-rata 75,55 (kategori baik), sedangkan hasil posttest kelas kontrol mencapai rata-rata mencapai 53,91 (kategori kurang). Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, uji homogentitas data dengan membandingan Fhitung dengan Ftabel. Sedangkan untuk teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh > yaitu 5,457>2,023. Hal ini berarti bahwa Ha diteima Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran contextual teachng and learning dengan pendekatan konstruktivisme terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 1 Wanasaba tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan pendekatan konstruktivisme, keterampilan menulis Cerita Pendek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 13 Jan 2021 03:06
Last Modified: 13 Jan 2021 03:06
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item View Item