MAULIDAH, MAULIDAH (2019) PENGARUH POSTER PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDI AL-BAROKAH KALIJAGA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika disebabkan karena semangat dan minat dalam belajar masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran yang masih berisifat konvensional. Dengan menggunakan poster pembelajaran dapat menjadi alternatif dan solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh poster pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI Al-Barokah Kalijaga Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen adapun bentuk preexpimental yang digunakan adalah dengan model One Grup Pretest Postest Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SDI Kalijaga Tengah sebanyak 19 siswa. Sampel didapatkan dengan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel karna jumlah populasi relatif kecil, kurang dari 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil post-tes siswa meningkat dibandingkan hasil pre-tes yaitu sebelum menggunakan poster pembelajaran. Berdasarkan hasil post-tes siswa pada ujicoba lapangan yang dilaksanakan si SDI Kalijaga Tengah diperoleh rata- rata nilai siswa 75,131, sedangkan hasil pre-tes siswa di peroleh nilai rata-rata 68,289. Untuk mengetahui teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t satu pihak. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,175 > 2,07 yang berarti Ho ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan: ada pengaruh positif poster pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDI al- barokah Kalijaga tengah tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Poster pembelajaran matematika, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 02:51 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 02:51 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3694 |
Actions (login required)
View Item |