PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN BILANGAN KELAS III SDN 1 MASBAGIK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

INDRASARI, MERI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN BILANGAN KELAS III SDN 1 MASBAGIK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi mery.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan bilangan keas III SDN 1 Masbagik Timur tahun pelajaran 2019/2020. dalam penelitian ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian digunakan metode penelitian eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SDN 1 Masbagik Timur yang berjumlah 22 siswa di kelas eksperimen dan 21 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dengan 10 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan distribusi normal, homogenitas dan hipotesisi. Berdasasarkan hasil validitas soal terdapat 17 soal valid dari 25 soal yang di ujikan, reliabel soal 0,532 bergategori cukup, 23 soal kategori sedang,dan 6 soal berkategosi baik, 13 cukup dan 6 jelek. Sedangkan Berdasarkan data yang di peroleh peneliti setelah melakukan penelitian postest di kelas ekperimen nilai rata 78,9, nilai rata-rata kelas kontrol 71. Nilai data setela di uji diperoleh 9,491 > 11,070 kelas esksperimen dan 8,757 > 11,070 pada uji normalitas kedua data artinya data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan hasil Fhitung< Ftabel 1,03 < 2,09 pada uji homogenitas, yang artinya berarti kedua kelompok tersebut berasal dari homogen yang sama. Uji hipotesisi 2,07 > 2,02, maka hipotesisnya berbunyi “Ha” diterima seangkan “Ho” di tolak berarti “Terdapat pengaruh model pembeljaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan bilangan kelas III SDN 1 Masbagik Timur Tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Model Realistic Mathematic Education (RME), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:02
Last Modified: 14 Jan 2021 03:02
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item