NINGSIH, MIRA FIJRIYA (2019) KORELASI LITERASI NUMERASI TERHADAP PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 6 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah hubungan literasi numerasi terhadap penyelesaian soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 6 Masbagik Utara.Literasi numerasi merupakan kemampuan terhadap simbol-simbol dan bilangan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, desain penelitian korelasi sederhana atau korelasi bivarian (bivariate correlation).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN 6 Masbagik Utara yang berjumlah 21 siswa .Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling menggunakan simple randomsampling.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, lembar observasi dan dokumentasi.Untuk uji normalitas menggunakan chi-kuadrat. Adapun uji hipotesis penelitian menggunakan regresi sederhana dan rumus product moment dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh rhitung>rtabel (0,801>0,433), sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ha di terima dan Ho ditolak.Kesimpulanya terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi numerasi dengan penyelesaian soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas IVA SD Negeri 6 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Literasi Numerasi, dan Penyelesaian Soal Cerita
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 03:22 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 03:22 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3697 |
Actions (login required)
View Item |