IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DAN PENANAMAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI NW SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SOMAD, MUH ABD (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DAN PENANAMAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI NW SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
MUH ABD SOMAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di MI NW Sukamulia Khususnya kelas V masih bersifat konvensional (teacher centered learning) sehingga out-put pembelajaran hanya mampu mengembangkan aspek kognitif siswa saja. Oleh karena itu dibutuhkan salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan ketiga aspek perkembangan siswa (kognitif, apektif, dan psikomotorik) yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini bertujuan un tuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan penanaman karakter kerjasama siswa terhadap hasil belajar matematika kelas V MI NW Sukamulia tahun pelajaran 2018/2019. Adapun populasi yang digunakan yaitu kelas VA dan VB dengan jumlah siswa sebanyak 51, kemudian ditentukan sampel penelitian menggunakan random sampling sehingga didapatakan siswa pada masing-masing kelas sebanyak 15 orang. Model pembelajaran kooperatif tipe TPS dilaksanakan melalui tiga tahap: (1) thinking (berfikir), (2) pairing (berpasangan), dan (3) sharing (berbagi). Proses pembelajaran TPS memberikan waktu berfikir kepada siswa untuk meningkatkan kualitas responnya, siswa dapat belajar dari temannya dan siswa lain dalam kelompoknya mempunyai kesempatan berbagi dan menyampaikan idenya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan 3 variabel yaitu variabel bebas, moderator, dan terikat. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pengukuran tes (post-test) sedangkan penanaman karakter kerjasama siswa diukur menggunakan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskriptif data untuk keperluan pengkategorian. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,33 dengan kategori tinggi sedangkan penanaman karakter kerjasama siswa memiliki rata-rata 23,7 dengan kategori nampak. Berdasarkan penghitungan hipotesis dengan menggunakan anava satu jalur (one way anava) didapatkan nilai F-empirik (F-hitung) sebesar 7,403 dan F-teoritik (F-tabel) sebesar 3,32 yang diperoleh dari dba = 2 dan dbd = 42 dengan taraf signifikansi 5%. Oleh karena F-empirik lebih besar dari F-teoritik (7,403 > 3,32) maka hipotesis diterima artinya model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan penanaman karakter kerjasama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI NW Sukamulia tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe TPS, Penanaman Karakter dan Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:50
Last Modified: 14 Jan 2021 03:50
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3699

Actions (login required)

View Item View Item