PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN 01 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ARDIANI, MULIANA (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN 01 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI MULIANA ARDIANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Siswa Kelas III SDN 01 Masbagik Utara Tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah kelas III terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes, sedangkan instrumen berupa pedoman observasi aktivitas belajar dan tes tertulis. Analisis data menggunakan data kualitatif yang terdiri dari reduksi, pemaparan, dan penyimpulan data. Analisis data kuantitatif terdiri dari hasil belajar. Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dapat Meningkatkan Hasil Belajar dari rata-rata indikator Aktivitas Belajar Siswa dan Peneliti, pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 2,7 kategori cukup aktif, dan siklus II meningkat menjadi 3,9 dengan kategori aktif. Aktivitas Peneliti pada siklus I sebesar 3,3 kategori cukup aktif, dan siklus II meningkat menjadi 4,4 dengan kategori aktif. Hasil analisis tes belajar siswa menunjukkan rata-rata indikator, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 54,25 dan KB sebesar 30%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76,25 dan KB sebesar 90%. Kata Kunci: Team Games Tournament, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 14 Jan 2021 07:11
Last Modified: 14 Jan 2021 07:11
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item