PENGARUH PELAKSANAAN SISTEM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SAKRA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HIDAYANTI, NURUL (2018) PENGARUH PELAKSANAAN SISTEM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SAKRA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Nurul Hidayanti (2018) Pengaruh Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2013 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sakra Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Selong: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Hamzanwadi Selong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonnomi di SMA Negeri 1 Sakra Timur 2016/2017 dan seberapa besar pengaruh pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sakra Timur 2016/2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sakra Timur, adapun populasi seluruhnya adalah 63 siswa dengan sampel 54 siswa dengan ketidaktelitian 5% dari populasi 63 siswa.variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum 2013 (X), (2) Prestasi Belajar sebagai variabel (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode angket atau kuesoiner, metode observasi, dan metode wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan alat bantu hitung program SPSS for windows versi 16. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh antara pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sakra Timur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2013 tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi. Besarnya sumbangan efektif pelaksanaan sistem pembelajaran kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi adalah 0,001 % ditunjukkan dari perhitungan koefisien determinasi. Kata Kunci: Sistem Pembelajaran, Kurikulum 2013, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 14 Jan 2021 08:24
Last Modified: 14 Jan 2021 08:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3717

Actions (login required)

View Item View Item