PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONOMI BERBASIS MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA NW SUKAMULIA TAHUN AJARAN 2017/2018

HIKMAH, NURUL (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONOMI BERBASIS MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA NW SUKAMULIA TAHUN AJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar ekonomi berbasis model Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MA NW Sukamulia. Berupa bahan ajar, silabus, RPP, dan untuk melihat efektifitas penyusunan bahan ajar ekonomi. Sehingga, pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif dan efesien serta dapat mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan dengan mengembangan bahan ajar ekonomi berbasis model Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MA NW Sukamulia yang ada pada lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini bertempat di MA NW Sukamulia dimana populasinya yaitu siswa kelas X di sekolah yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Hasil analisis data menyimpulkan bahwa dengan taraf efektif. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan bahan ajar ekonomi kelas X (sepuluh) yang dikembangkan dengan berbasis model Student Facilitator and Explaining. Hal ini berarti bahwa hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar tidak sama. Jadi dapat dikatakan terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model Student Facilitator And Explaining. Dilihat dari respon guru memiliki nilai persentase rata-rata 84,28%, respon siswa memiliki nilai persentase rata-rata 92,64%, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar ekonomi berbasis model Student Facilitator and Explaining ini memproleh nilai rata-rata 83,65% sehingga dapat dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajran di MA NW Sukamulia. Kata Kunci : Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di MA NW Sukamulia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 14 Jan 2021 08:31
Last Modified: 14 Jan 2021 08:31
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3720

Actions (login required)

View Item View Item