PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP BAHASA SEHARI-HARI ANAK SEKOLAH DASAR

NIRMALASARI, NIRMALASARI (2019) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP BAHASA SEHARI-HARI ANAK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap bahasa sehari-hari anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak sekolah dasar yang ada di dusun lendang bunga utara dan siswa Sekolah Dasar di SD Islam NW Lendang Bunga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu lingkungan sosial memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap bahasa sehari-hari yang digunakan anak sekolah dasar. Lingkungan sosial anak terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan teman sebaya/bermain anak. Diantara ke tiga lingkungan sosial anak tersebut lingkungan keluarga merupakan lingkungan terdekat anak. Di lingkungan keluarga anak pertama kali di ajarkan berbahasa, setelah belajar bahasa dari lingkungan keluarga anak kemudian mengembangkan bahasanya di lingkungan sosialnya. sehingga baik tidaknya bahasa yang di gunakan anak untuk berkomunikasi bergantung pada bahasa yang pertama kali anak dengar di lingkungan keluarga, sekolah dan teman sebaya/bermainnya. Kata Kunci: Lingkungan Sosial, Bahasa Sehari-hari Anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 16 Jan 2021 03:49
Last Modified: 16 Jan 2021 03:49
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3737

Actions (login required)

View Item View Item