SUGAWA, NITA (2019) PENGARUH BACAAN SASTRA ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN INTELEKTUAL BAHASA SISWA KELAS V SDN 1 SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi pengaruh bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Postest Only Control Design. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki ada tidaknya pengaruh tersebut dengan cara memberikan perlakuan tertentu pada kelas eksperimen dan menyediakan kelas kontrol. Instrumen pengumpul data yang dipergunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Hasil observasi menunjukan persentase kriteria sangat tinggi yaitu 100% pada kelas ekperimen dan 53% kelas kontrol kriteria sedang. (2) Hasil tes analisis uji-t varians diperoleh thitung (0,308) > ttabel (2,000), sedangkan pada angket diperoleh thitung (0,047) > ttabel (2,000) Yang berarti terdapat perbedaan hasil pemahaman dan ketertarika siswa dalam belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa kelas V SDN 1 Selong. Kata kunci: Eksperimen, Bacaan Satra Anak, Intelektual Bahasa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 07:53 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 07:53 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3743 |
Actions (login required)
View Item |