PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONMI BERBASIS MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA NW DAMES TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NURBAINAH, SITI (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONMI BERBASIS MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA NW DAMES TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI SITI NURBAINAH_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model Kooeratif Learning Tipe Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X diMA NW Dames. Berupa bahan ajar, silabus, RPP, dan untuk melihat efektifitas penyusunan bahan ajar ekonomi . Sehingga, pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif dan efesien serta dapat mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan dengan mengembangan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model Kooeratif Learning Tipe Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di MA NW Dames yang ada pada lingkungan sekolah. Model ini terdiri atas sepuluh langkah, Akan tetapi, pada penelitian pengembangan ini peneliti hanya menggunakan lima prosedur penelitian, karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya dari peneliti. Dan lima langkah tersebut, yakni (1) Pendahuluan, (2) Pengembangan Produk awal, (3) Uji produk awal, (4) Finalisasi produk akhir, dan (5) Uji Produk akhir. Penelitian ini bertempat di MA NW Dames dimana populasinya yaitu siswa kelas X di sekolah yang berjumlah 33 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Hasil analisis data menyimpulkan bahwa dengan taraf efektif. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar setelah menggunakan bahan ajar ekonomi kelas X (sepuluh) yang dikembangkan dengan berbasis model kooeratif learning tipe course review horay . Hal ini berarti bahwa hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar tidak sama. Jadi dapat dikatakan terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model kooeratif learning tipe course review horay . Dilihat dari respon guru memiliki nilai persentase rata -rata 92%, respon siswa memiliki nilai persentase rata -rata 9 0%, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan bahan ajar ekonomi berbasis model kooeratif learning tipe course review horay ini memperoleh nilai rata - rata 89,58 sehingga dapat dikatakan efektif di gunakan dalam p roses pembelajaran diMA NW Dames. Kata Kunci : Bahan Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Model Kooeratif Learning Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di MA NW Dames .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:11
Last Modified: 21 Jan 2021 07:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3751

Actions (login required)

View Item View Item