WULANDARI, NOFALIA (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KOMIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SDN 2 SELONG. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) dengan mengadopsi model pengembangan 4 D, yang kemudian disederhanakan menjadi tiga tahap karena keterbatasan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Selong yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrumen validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hasil validasi oleh ahli desain diperoleh skor 60 yang berada pada rentang skor 51 < X ≤ 63, dengan kategori “Baik”; 2) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 64, yang berada pada rentang skor X > 63, dengan kategori “Sangat Baik”; 3) Hasil uji coba lapangan memperoleh 94,2% pada aspek penilaian tampilan yang menunjukkan respon siswa sangat positif dan dan perolehan 70,8% pada aspek penilaian manfaat yang menunjukkan respon siswa positif. Berdasarkan seluruh penilaian tersebut menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis komik layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran, terutama pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci: Komik, Lembar Kerja Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 08:09 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 08:09 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3755 |
Actions (login required)
View Item |