“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X di SMAN 1 SAKRA TIMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019”

NOVIA NURSUSILA WATI, VEVI (2018) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X di SMAN 1 SAKRA TIMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019”. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)

Abstract

Penelitian ini bertujiuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMAN 1 Sakra Timur Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 1 Sakra Timur Tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel Penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, sampel berjumlah 50 siswa kelas X IPS SMAN 1Sakra Timur Tahun Pembelajaran 2018/2019. Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretes Posttes Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan uji-t poled varian. Hasil hipotesis Berdasarkan variabel hasil belajar siswa diperoleh t-hitung 4,84 dan t-tabel 1,672. Karena t-hitung 4,84 dan t-tabel 1,672 dengan taraf uji 5% maka t-tabel lebih kecil dari t-hitung sehingga hipotesis Ho yang diajukan ditolak dengan kata lain hipotesis Ha diterima. Berarti ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 23 Jan 2021 02:21
Last Modified: 23 Jan 2021 02:21
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3772

Actions (login required)

View Item View Item