PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 2 MAJIDI TAHUN AJARAN 2018/2019

WIDIARTI, NOVIA (2019) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 2 MAJIDI TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran simulasi terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 2 Majidi tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 2 Majidi tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Kelas V A sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas V B sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan instrument yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran simulasi dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu untuk kelase ksperimen 75,83 dan kontrol 55. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi-kuadrat, uji homogenitas data dengan uji F, sedangkan untuk teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-test. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,248 > 2,032. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan kolaborasi model pembelajaran picture and picture dengan model simulasi terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SDN 2 Majidi tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: Kolaborasi Model pembelajaran picture and picture dengan model pembelajaran simulasi, kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:32
Last Modified: 26 Jan 2021 06:32
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3805

Actions (login required)

View Item View Item