IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN METODE BRAINSTORMING PADA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN 2 KELAYU SELATAN

FATNI, NUR AULIA (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN METODE BRAINSTORMING PADA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN 2 KELAYU SELATAN. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
S K R I P S I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada kelas 4 SDN 2 Kelayu Selatan melalui Model pembelajaran Discovery Learning berbantuan metode Brainstorming. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 2 Kelayu Selatan yang berjumlah 18 orang. Data hasil belajar diperoleh melalui lembar tes berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal yang dilaksakan pada siklus I dan siklus II. Sedengkan data aktivitas belajar guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi dan untuk mengetahui minat belajar peserta didik diperoleh melalui lembar angket. Berdasarkan pada siklus I persentasi ketuntasan 55,5% dengan 6 orang peserta didik yang tuntas dan 10 orang tindak tuntas. Sedengkan pada siklus II persentase ketuntasan mengalami peningkatan yaitu 77,8% dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 14 orang dari 18 peserta didik. Pada siklus I klasikal ketuntasan belum tercapai karna masih berada pada ≤75%, pada siklus II ketuntasan klasikal telah tercapai karena berada pada ≤75%. oleh karena itu hasil ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Discovery Learning berbantuan metode Brainstorming pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar kelas 4 SDN 2 Kelayu Selatan. Kata Kunci: model pembelajaran Discovery Learning, metode Brainstorming, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:04
Last Modified: 26 Jan 2021 07:04
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3812

Actions (login required)

View Item View Item