PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPOKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MA NW PAOKLOMBOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HERMAWATI, HERMAWATI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPOKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MA NW PAOKLOMBOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI HERMAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPOKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X MA NW PAOKLOMBOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018 HERMAWATI Program Studi Pendidikan Biologi Email: [email protected] PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyaPengaruh Model Pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa Kelas X MA. Nw Paoklombok Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenispenelitianiniadalahquasi experimental design dalam bentuk post-test only control design. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XMA. NW Paoklombok dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas X2sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling, yaitu secara acak. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahtes yang berupatesuntuk melihat hasil belajar siswa.Teknikanalisa data yang digunakanuntukmengujihipotesisdalampenelitianiniadalahuji-t. Nilai rata-rata darihasiltes belajarsiswa yangdiperolehdarikelaseksprimen yaitu ( = 73,5) dankelas kontrol ( = 68,3). Hasil uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kategori berdistribusi normal. Untuk kelas eksprimenNilaiχ2hitung(7,08)<χ2tabel(11.070)dankelascontrolnilaiχ2hitung(6,65 )<χ2tabel(11,070). Sedangkan untuk uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kedua kelompok berkategori homogen yangdilihatdarinilaiFhitung (0,99)<Ftabel(1,85).Untuk uji hipotesis diperoleh thitung (2,19) > t-tabel (1,67). Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X MA. NW Paoklombok Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci:Model pembelajaran jigsaw , Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 28 Jan 2021 06:18
Last Modified: 28 Jan 2021 06:18
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3837

Actions (login required)

View Item View Item