PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS CTL TIPE INQUIRY PADA SEKOLAH DASAR KELAS V SDN 03 BUNGTIANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FEBRIAMAWATI, NURUL (2019) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS CTL TIPE INQUIRY PADA SEKOLAH DASAR KELAS V SDN 03 BUNGTIANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul Bahasa Indonesia Berbasis CTL Tipe Inquiry pada Sekolah Dasar SDN 03 Bungtiang sebagai sumber belajar bahasa Indonesia dikelas. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah pengembangan. Kesepuluh langkah model pengembangan tersebut peneliti hanya menggunakan langkah pengembangan dari 1-7. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Hasil analisis dari tim ahli bahasa menunjukkan bahwa Modul Berbasis CTL yang dikembangkan berada pada kategori “Baik” (layak digunakan) dengan rentang skor yaitu, 37,38 < X ≤ 46,14, tim ahli materi, 40,8 < X ≤ 50,4. Sedangkan data angket respon menunjukkan rata-rata skoe yaitu, 42, 05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul Bahasa Indonesia Berbasis CTL Tipe Inquiry Pada Sekolah Dasar Kelas V SDN 03 Bungtiang Tahun Pelajaran 2019/2020 layak digunakan dalam proses pembelajaran disekolah dasar. Kata kunci : Modul, Bahasa Indonesia Berbasis CTL Tipe Inquiry, Penelitian Pengembangan Model Borg and Gall.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:17
Last Modified: 28 Jan 2021 07:17
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3844

Actions (login required)

View Item View Item