FEBRIAMAWATI, NURUL (2019) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS CTL TIPE INQUIRY PADA SEKOLAH DASAR KELAS V SDN 03 BUNGTIANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul Bahasa Indonesia Berbasis CTL Tipe Inquiry pada Sekolah Dasar SDN 03 Bungtiang sebagai sumber belajar bahasa Indonesia dikelas. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah pengembangan. Kesepuluh langkah model pengembangan tersebut peneliti hanya menggunakan langkah pengembangan dari 1-7. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Hasil analisis dari tim ahli bahasa menunjukkan bahwa Modul Berbasis CTL yang dikembangkan berada pada kategori “Baik” (layak digunakan) dengan rentang skor yaitu, 37,38 < X ≤ 46,14, tim ahli materi, 40,8 < X ≤ 50,4. Sedangkan data angket respon menunjukkan rata-rata skoe yaitu, 42, 05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul Bahasa Indonesia Berbasis CTL Tipe Inquiry Pada Sekolah Dasar Kelas V SDN 03 Bungtiang Tahun Pelajaran 2019/2020 layak digunakan dalam proses pembelajaran disekolah dasar. Kata kunci : Modul, Bahasa Indonesia Berbasis CTL Tipe Inquiry, Penelitian Pengembangan Model Borg and Gall.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 07:17 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 07:17 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3844 |
Actions (login required)
View Item |