“PENERAPAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA KELAS V11 SMPN 2 SAMBELIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018”

MAESYARAH, MAESYARAH (2018) “PENERAPAN KOOPERATIF LEARNING TIPE GROUP INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA KELAS V11 SMPN 2 SAMBELIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018”. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI MAESYARAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Maesyarah, 11220016 (2017). Pengaruh Kooferatif tipe Group Investigasi (GI) Terhadap Hasil Belajar kognitif Siswa Kelas VII SMPN 2 sambelia Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Selong, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I : Sarwati, M.Pd Pembimbing II : Husnayati Hartini, M.Pd Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran IPA biologi masih kurang aktif. penyebabnya adalah pembelajaran yang lebih sering menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Penggunaan metode ceramah yang sering dalam proses pembelajaran IPA biologi membuat siswa cepat bosan dan hasil belajar siswa pun rendah, Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan metode pembelajaran yang dapat merangsang berfikir kritis siswa khususnya dalam menjawab soal IPA biologi dan mendorong siswa agar lebih aktif saat proses pemebelajaran. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan metode GI. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sambelia, yang berjumlah tigat kelas. Sampel penelitian di ambil secara acak dengan teknik simple random sample dan diambil dua kelas, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan metode (GI) sedangkan kelas kontrol diterapkan metode konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil uji normalitas yang dilakukan pada masing-masing kelas didapatkan nilai x2hitung pada kelas eksperimen 76,66 sedangkan pada kelas kontrol nilai x2hitung yang diperoleh 65,80 dan harga x2tabel yang digunakan untuk menguji hasil normalitas data adalah 11,070. Berdasarkan kriteria yang ada bahwa jika harga x2hitung<x2tabel maka data yang diperoleh sama-sama berdistribusi normal. Sedangkan untuk hasil uji homogenitasnya nilai Fhitung yang diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 2,17 dan nilai harga untuk Ftabel yang digunakan untuk menguji homogenitas data adalah 4,032. Berdasarkan kriteria yang ada apabila harga Fhitung < Ftabel maka data yang kita gunakan sudah homogen. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi awal pada tingkat kognitif yang dimiliki masing-masing kelas sama. Kata kunci: Pengaruh Metode Kooferatif tipe Group Investigasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:32
Last Modified: 28 Jan 2021 07:32
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item