HIDAYAH, NURUL (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SDN 7 LENDANG NANGKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI FIX_compressed_2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Pada SDN 7 Lendang Nangka Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 7 Lendang Nangka tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik nonprobability sampling dan didapatkan dua sample yakni Kelas VA dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan uji-t yaitu dengan taraf signifikan 5%. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (5,56 > 2,02) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 7 Lendang Nangka Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi), Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 07:37 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 07:37 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3848 |
Actions (login required)
View Item |