IN, NURUL (2019) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TENTANG MEMECAHKAN MASALAH YANG MELIBATKAN UANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONKRET KELAS III MI NW MODEL AIK ANYAR 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
nurul in.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penulis didasarkan pada masih rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan upaya peningkatan motivasi belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media konkret. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan motivasi dan lembar kuesioner motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan media konkret dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III A MI NW Model Aik Anyar tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dengan keaktipan dan keberanian siswa untuk mengutarakan ide atau pikiran siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan perolehan kuesioner yang diperoleh siswa mulai dari pra tindakan sampai dengan siklus II dari jumlah keseluruhan 14 siswa terdapat 2 siswa dengan nilai 14,29% yang memiliki klasifikasi baik, terdapat 12 siswa dengan nilai 85,71% dengan klasifikasi sangat baik, dan tidak ada lagi siswa yang memiliki motivasi belajar cukup ataupun kurang. Kata kunci: Motivasi Belajar Matematika, Media Konkret
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 07:47 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 07:47 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3851 |
Actions (login required)
View Item |