PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X MA NW LENEK LAUQ TAHUN PELAJARAN 2018/2019

BUDIARTI, ERNI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X MA NW LENEK LAUQ TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Erni Budiarti, 14350009. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MA NW Lenek Lauq Tahun Pelajaran 2018/2019. Pembimbing 1 :Drs. Bambang Eka Saputra, M.Pd Pembimbing II :B. Fitri Rahmawati, M.Pd Kegiatan siswa dalam pembelajaran Sejarah masih kurang aktif. Hal ini terlihat dari jarangnya siswa mengeluarkan ide-ide/gagasan karena metode pengajaran yang dilakukan masih menerapkan metode konvensional (metode ceramah). Metode konvensional jarang mengutamakan kemampuan yang didasarkan pada pengalaman yang diperoleh siswa dari kehidupan nyata seperti pembelajaran kontekstual. Metode pembelajaran seperti itu yang menyebabkan kurangnya perhatian, minat, dan motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan sebuah metode pembelajaran yang dapat merangsang siswa bertanya, mengeluarkan pendapatnya, dan menjadikan siswa belajar bukan dengan menghafal, melainkan proses berpengalaman dalam kehidupan nyata, melalui penerapan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas X MA NW Lenek Lauq Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan True Eksperimental Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MA NW Lenek Lauq. 30 siswa sebagai kelas eksperimen, 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan instrument yang digunakan dalam bentuk test pilihan ganda. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas data dengan Chikuadrat dan uji homogenitas data dengan uji Bartlet, sedangkan analisis data dilakukan dengan statistik inferensial parametrik uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 78,1 dan kelompok kontrol 61,1. Kemudian dari hasil hipotesis diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 14,049˃2,002, sehingga kesimpulan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X MA NW Lenek Lauq tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Kontekstual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 30 Jan 2021 02:56
Last Modified: 01 Feb 2021 01:50
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3863

Actions (login required)

View Item View Item