FATIMATURRAHMI, FATIMATURRAHMI (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS VIII MTs. NW PEPAO LOMBOK TENGAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI_.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fatimaturrahmi NPM. 14350022.“ Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Sejarah pada siswa kelas VIII MTs.NW Pepao Lombok Tengah ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Hamzanwadi. 2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana aktivitas siswa dengan penerapan Metode Problem Based Learning pada kelas VIII MTs.NW Pepao (2) apakah ada pengaruh metode Problem Based Learning terhadap presatsi belajar Sejarah pada siswa kelas VIII MTs.NW Pepao (3) bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran PBL pada siswa kelas VIII MTs.NW Pepao. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui aktivitas siswa dengan penerapan metode Problem Based Learning pada kelas VIII MTs.NW Pepao (2) Mengetahui pengaruh metode Problem Based Learning terhadap prestasi belajar Sejarah pada siswa kelas VIII MTs.NW Peapo (3) Mengethaui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran PBL pada siswa kelas VIII MTs.NW Pepao. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan metode yang digunakan adalah metode Eksperimen. Metode Eksperimen merupakan suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variable tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus t-tes maka ditemukan bahwa ada pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap presatsi belajar Sejarah pada siswa kelas VIII MTs.NW Pepao yang jumlah keselurahannyan adalah 40 orang dan dibagi menjadi dua kelas yaitu 21 siswa kelas eksperimen dan 19 siswa kelas kontrol. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Jaelani Ahmad |
Date Deposited: | 30 Jan 2021 03:32 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 01:49 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3864 |
Actions (login required)
View Item |