PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS VIII MTs. NW PEPAO LOMBOK TENGAH

FATIMATURRAHMI, FATIMATURRAHMI (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS VIII MTs. NW PEPAO LOMBOK TENGAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fatimaturrahmi NPM. 14350022.“ Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Sejarah pada siswa kelas VIII MTs.NW Pepao Lombok Tengah ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Hamzanwadi. 2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana aktivitas siswa dengan penerapan Metode Problem Based Learning pada kelas VIII MTs.NW Pepao (2) apakah ada pengaruh metode Problem Based Learning terhadap presatsi belajar Sejarah pada siswa kelas VIII MTs.NW Pepao (3) bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran PBL pada siswa kelas VIII MTs.NW Pepao. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui aktivitas siswa dengan penerapan metode Problem Based Learning pada kelas VIII MTs.NW Pepao (2) Mengetahui pengaruh metode Problem Based Learning terhadap prestasi belajar Sejarah pada siswa kelas VIII MTs.NW Peapo (3) Mengethaui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran PBL pada siswa kelas VIII MTs.NW Pepao. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan metode yang digunakan adalah metode Eksperimen. Metode Eksperimen merupakan suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variable tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus t-tes maka ditemukan bahwa ada pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap presatsi belajar Sejarah pada siswa kelas VIII MTs.NW Pepao yang jumlah keselurahannyan adalah 40 orang dan dibagi menjadi dua kelas yaitu 21 siswa kelas eksperimen dan 19 siswa kelas kontrol. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 30 Jan 2021 03:32
Last Modified: 01 Feb 2021 01:49
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3864

Actions (login required)

View Item View Item