Adawiyah, Rabiatul (2019) Penggunaan strategi belajar aktif tipe trading place terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 5 Masbagik Utara. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe trading place dengan yang tidak diajarkn dengan strategi belajar ktif tipe trading place pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 5 Masbagik Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain one-group pretest-posttest. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 5 Masbagik Utara yang berjumlah 22 orang, dan sampel penelitian ini adalah kelas V SDN 5 Masbagik Utara dengan jumlah 22 orang, diantaranya terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswi prempuan. Tekhnik analisis yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji t. hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata skor hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V yaitu X =79 ≥ X =45 dengan menggunakan uji t diperoleh hasil thitung = 49,73 ≥ ttabel = 2,073, mak Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan trading place dengan siswa yang tidak diajarkan menggunakan trading place. Kata kunci :strategi belajar aktif tipe trading place, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 30 Jan 2021 06:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2021 06:48 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3867 |
Actions (login required)
View Item |