PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MA DARUL HIJRAH NW ORONG BALU WANASABA DAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ALI, MUH. (2018) PENERAPAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MA DARUL HIJRAH NW ORONG BALU WANASABA DAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI MUH. ALI-712.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X MA Darul Hijrah NW Orong Balu Wanasaba Daya. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Post-test Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X IPA MA NW Darul Hijrah yang berjumlah 2 kelas dengan jumlah siswa 51. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan random sampling yaitu teknik pengambilan secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dimana tes disini berupa soal berbentuk essay berjumlah 7 soal. Teknik analisis data untuk melihat hasil keterampilan proses sains siswa menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test (uji t). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 78,36 sementara pada kelas kontrol sebesar 66,03. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan hasil uji normalitas baik kelas eksperimen maupun kontrol berdistribusi normal, untuk kelas eksperimen X 2 hitung(5,94)< X 2 tabel(11,07) pada kelas kontrol X 2 hitung(7,77)< X2 tabel(11,07). Sedangkan homogenitas kedua kelompok menunjukkan homogen dilihat dari F hitung(1,56) < dari F tabel(1,98). Untuk uji hipotesis menggunakan rumus uji-t pada taraf signifikasi 5% diperoleh t-hitung sebesar (7,04) setelah dibandingkan dengan t-tabel sebesar (1,401), maka t-hitung (7,04) > t-tabel (1,401). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas X MA Darul Hijrah NW Orong Balu Wanasaba Daya tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Creative Problem Solving (CPS), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 31 Jan 2021 13:00
Last Modified: 31 Jan 2021 13:00
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3869

Actions (login required)

View Item View Item